23 September 2012

Shattered Glass (2003)

He'd do anything to get a great story.
Kisah nyata seorang jurnalis muda, Stephen Glass, yang berambisi mendapatkan Pulitzer, penghargaan tertinggi dalam bidang jurnalistik. Bukan dengan kerja keras, Glass malah menciptakan kefiksian yang nyata untuk ambisinya tersebut. Kefiksiannya itu ia buat pada pertengahan tahun 90 an saat ia berumur 24 tahun.


Kefiksiannya tersebut ia tuangkan dalan The New Republic, sebuah majalah politik dan satu-satunya majalah yang dibaca di pesawat kepresidenan Amerika, Air Force One. Artikel terakhirnya, Hack Heaven, yang bercerita tentang seorang anak kecil yang berhasil membajak database sebuah perusahaan komputer, Junkt Micronics, telah mengantarkannya masuk ke dalam daftar hitam jurnalistik.

Setelah diteliti, ternyata isi artikel tersebut adalah sampah imajinasi Glass. Tokoh, cerita dan lokasi yang diceritakan di artikelnya tersebut adalah hasil karangan Glass. Sampah imajinasi, setidaknya begitulah yang ada dalam pikiran Chuck Lane, redpel majalah tersebut. Dari kasus itu, terungkap pula bahwa dari 41 artikel yang pernah ditulis Glass di The New Republic, 27 artikel adalah fiktif. Dengan perasaan kecewa dan sedih Glass keluar dari kantor The New Republic saat Lane mengusirnya. Dengan sedih dan marah juga, Lane mencabut seluruh majalah The New Republic yang mana terdapat artikel fiktif Glass yang tertempel di kantornya .

Hayden Christensen dengan sangat baiknya telah menghidupkan karakter Glass yang naif, canggung namun cerdas. Kata-kata 'Are you mad at me ?' yang diucapkan Hayden berkali-kali dengan terbata-bata membuat karakter Glass sungguh hidup. Di film ini akting Hayden sungguh memikat dibandingkan dengan perannya sebagai Anakin Skywalker dalam Stars Wars.

Film yang diproduksi pada 2003 ini seharusnya menjadi film wajib tonton bagi wartawan. Namun, setiap wartawan yang saya tanya tentang siapa itu Stephen Glass, kebanyakan dari mereka pasti menjawab,"Siapa dia ?".

1 comment:

  1. gimana cara download film ini..???
    bagi link.y dong..!!!
    butuh banget soal.y...

    ReplyDelete