21 September 2012

CJ7 (2008)

It's Out of This World
Adegan dimulai dengan Dicky (Xu Jiao) yang sedang berjalan hendak menuju kelasnya di sebuah sekolah elit, tiba-tiba dimarahi oleh seorang guru. Guru tersebut mempertanyakan wajahnya yang tampak kotor. Untunglah seorang guru wanita yang sungguh cantik, Miss Yuen (Kitty Zhang Yuqi) segera menengahinya sambil mengelap kotoran yang melekat di wajah Dicky. Alasan lusuh dan kotornya Dicky segera terjawab saat adegan berikutnya menggambarkan ayah Dicky, Ti (Stephen Chow), ternyata adalah seorang kuli bangunan yang sedang bekerja di sebuah proyek.

Ti mati-matian mencari uang agar anaknya bisa bersekolah yang notabene bertujuan agar nasib Dicky tidak seperti dia yang hanya bekerja sebagai kuli bangunan karena tidak pernah mengenyam bangku sekolah. Karena hanya seorang anak kuli bangunan itulah, di sekolahnya Dicky diperlakukan tidak semestinya baik oleh guru maupun siswa yang lain.

Begitu miskinnya kehidupan mereka berdua, mereka hanya menempati sebuah reruntuhan bangunan. Berdua mereka saling mengasihi layaknya bapak anak tanpa seorang wanita. Karena ibu Dicky meninggal saat melahirkannya. Keceriaan Dicky bermula saat sang ayah membawakan sebuah bola berwarna hijau yang ditemukannya saat memungut sepatu di sebuah tempat pembuangan sampah. Bola itu juga sebagai pengganti hadiah robot anjing, cj1, yang tidak mampu dibelikannya untuk Dicky.

Pada awalnya, tidak ada yang istimewa dari bola berwarna hijau itu. Namun bola itu menjadi istimewa saat bundaran hijau tersebut berubah bentuk menjadi makhluk ruang angkasa mirip anjing. Bersama dengan anjing luar angkasa yang akhirnya diberi nama cj7 itulah, Dicky memulai petualangannya. Mulai dari berkelahi dengan anjing, mendapat nilai 100 saat ujian hingga usaha Dicky yang harus menyelamatkan cj7 saat menjadi rebutan kawan-kawannya.

Keceriaan Dicky bersama cj7 berubah menjadi tragedi saat Ti mengalami kecelakaan kerja yang mengakibatkan hilangnya nyawanya. Dicky pun merasa sangat sedih hingga gurunya pun diusirnya saat mencoba menghiburnya. Pasalnya sebelum ayahnya meninggal, Dicky sempat bertengkar dengannya . Dalam pertengkaran itu Dicky mengatakan bahwa ayahnya tidak perlu memperhatikannya lagi. Dan ucapannya itu seakan-akan menjadi kenyataan dengan meninggalnya Ti.

Ajaibnya, pagi hari saat Dicky terbangun dari tidurnya, Ti sudah ada di sampingnya. Namun, cj7 tiba-tiba menyusut berubah menjadi sebuah boneka. Usut punya usut, ternyata cj7 telah menghidupkan Ti kembali dari kematiannya dengan kekuatan yang dimiliknya. Akibatnya, cj7 pun harus merelakan nyawanya sendiri. Dan meski ditunggu hingga 3 tahun pun Cj7 tetaplah sebuah boneka yang tak lepas dari tangan Dicky.
Sekali lagi dengan sense humornya yang woooow, Stephen Chow berhasil membuat sebuah film yang tetap bernuansa komedi meski bergenre drama komedi. Suasana haru hanya terjadi saat Dicky menangisi kematian ayahnya dan sang guru wanita bersimpuh di depan pintu 'rumah' Dicky. Selebihnya gerak tubuh Stephen mengindikasikan film itu tetap sebuah film komedi. Tambahan lagi setting kemiskinan, khususnya 'rumah' Dicky terbangun dengan apik sehingga menjadikan film itu masih tergali dari sisi dramanya.

Fakta yang menarik dari film ini adalah, pemeran utama Dicky (Xu Jiao) ternyata adalah seorang bocah perempuan usia 9 tahun. Stephen jatuh cinta pada Xu karena tidak ada satupun bocah laki-laki yang aktingnya sesuai dengan karakter Dicky. Padahal Stephen sebelumnya dikenal tidak suka dengan anak-anak.

Bahkan saking cintanya terhadap Xu, Stephen telah mengontraknya selama 8 tahun ke depan dengan nilai kontrak yang besar. Stephen juga telah menanggung biaya studi dan biaya hidup keluarga Xu yang datang dari keluarga miskin di Hangzhou. Dan fakta menarik lainnya adalah mengenai kecantikan alami Kitty yang sungguh sangat menawan yang tentu saja sayang sekali untuk dilewatkan. Untuk yang terakhir ini, saya pikir semua kaum Adam pasti setuju.

No comments:

Post a Comment