11 May 2014

Blood And Ties (2013)


Thriller psikologi memang sangat manjur jika digarap dengan tepat. Dalam debutnya, Kuk Dong Suk dengan berani melakukannya. Padahal genre jenis ini terbilang tidak aman untuk sutradara yang baru pertama kali menangani sebuah film layar lebar. Namun dengan dukungan aktor senior Kim Kap Soo dan aktris remaja Lee Kyu Han, Dong Suk dengan mantap melangkahkan kakinya.

Sebagai seorang anak tunggal, Jung Da Eun (Son Ye Jin) mendapat limpahan kasih sayang dari ayahnya, Jung Soon Man (Kim Kap Soo), sejak ibunya meninggal. Apapun akan dilakukan Soon Man demi membahagiakan putri nya tersebut, termasuk bekerja apa saja demi mencukupi kebutuhan hidupnya. Da Eun sangat bangga dan tentu saja mencintai dengan sepenuh hati ayahnya tersebut.

Da Eun sendiri baru saja lulus dari kuliahnya. Dia ingin menjadi seorang wartawan. Untuk mengejar impiannya itu, Da Eun berminat menonton film yang bercerita tentang kisah nyata penculikan dan pembunuhan seorang bocah 5 tahun. Polisi sendiri tak bisa mengungkap kasus itu. Satu-satunya petunjuk yang ditinggalkan pelaku adalah rekaman suaranya. Di akhir film, suara itu diperdengarkan kepada penonton.

It ain't over till it's over

Desakan kepada polisi untuk mengungkap kasus itu datang dari semua media karena sebentar lagi kasus tersebut akan expired. Setelah melihat film tersebut Da Eun sepertinya tak asing dengan suara sang penculik. Situasi bertambah membingungkan saat seseorang yang asing, Shim Mi Ok (Seo Kap Sook), tiba-tiba muncul. Adakah kaitan itu semua dengan kasus penculikan tersebut?

Dong Suk cukup detil menyajikan hubungan ayah dan anak di awal film. Siapapun pasti akan merasakan betapa dekat dan manis hubungan Da Eun kecil dan besar dengan ayahnya. Sampai-sampai Da Eun menulis jika ia besar nanti ia akan menikah dengan sang ayah. Pacing mulai meningkat usai Da Eun menonton film kisah penculikan dan pembunuhan itu. Ia mulai mencurigai seseorang.

Dong Suk sepertinya berbuat blunder dengan mengarahkan petunjuk kecurigaan Da Eun mengenai penculik tersebut. Apakah Dong Suk benar-benar berbuat blunder. Setengahnya mungkin iya. Tetapi seperti awal yang pasti berujung, Dong Suk menutup rapat ujung tersebut sehingga ia tidak benar-benar melakukan blunder. Ia lebih menyimpannya rapat-rapat. Dan Voila, ujung itu akhirnya meledak di mid-credit. Suatu tindakan yang cukup brilian.

I will marry you, dad

Isi utama di dalam film yang juga berjudul Accomplice ini adalah Son Ye Jin dan Kim Kap Soo. Sebagai bintang kawakan, Kap Soo mampu menjadi ayah yang penyayang, sabar, galau, dan menyimpan masa lalunya. Meski tak secemerlang Kap Soo, Ye Jin cukup mampu mengimbangi diri dengan menjadi anak baik, penurut, yang tiba-tiba menjadi seorang pemberontak. Akting mereka didukung oleh aktor-aktris lain yang mampu memberi bumbu pelengkap thriller ini.

Pada akhirnya Blood and Ties adalah sebuah thriller yang cukup dinamis. Script yang ditulis oleh sutradaranya memang bagus, namun eksekusinya tidak lebih baik dari script itu sendiri. But overall, Blood and Ties adalah tontonan yang cukup menghibur.








No comments:

Post a Comment