27 October 2015

Hidden (2015)

Fear will find you

Kebersamaan adalah sesuatu yang mutlak yang harus dijalani sebuah keluarga. Terlebih bila ada sesuatu yang bisa menghancurkan atau memisahkan keluarga tersebut. Dari kebersamaan tumbuhlah kebahagiaan dari masing-masing individu. Kebahagiaan itulah yang menjadi dasar untuk selalu kuat, saling mendukung, dan menghindarkan diri dari kata berpisah.

Bagi Ray (Alexander Skarsgard), bahagia adalah tetap berkumpul dengan keluarganya, dengan istrinya, Claire (Andrea Riseborough) dan anak perempuan semata wayangnya, Zoe (Emily Alyn Lind). Ray sangat serius dengan perkataannya karena hidup mereka jauh dari kata berkecukupan. Mereka tinggal di bunker yang tentu saja sempit, pengap, lembab, dan dengan penerangan seadanya. Mereka masih dan tetap bahagia, hingga saat Zoe mulai berceloteh bahwa hidup mereka ada di ambang bahaya.

Hidden memulainya dengan warna gelap pekat tanpa cahaya. Kegelapan yang membawa rasa penasaran itu berbanding lurus dengan suasana temaram yang terus menyelimuti suasana bunker. Penonton seakan dibuat bertanya-tanya, mengapa satu keluarga itu bisa menempati sebuah bunker yang dikatakan Zoe sudah dihuni selama 301 hari. Mengapa bunker itu harus tertutup rapat, mengapa mereka tak boleh keluar, dan mengapa juga harus ada aturan yang mesti ditaati tiap anggota keluarga.

Keep together
Secara pelan-pelan, Duffer bersaudara, Matt dan  Ross, membuka selubung misteri tersebut. Lembut dan secara perlahan, misteri itu mulai terkuak dengan bantuan sejumlah scene flashback. Dari situ pun, mungkin masih banyak tersisa pertanyaan yang belum terjawab. Namun dari situ pula penonton mungkin bisa menyimpulkan apa yang terjadi. Namun percayalah, kesimpulan anda akan hancur lebur dengan twist yang ditawarkan, terlebih satu twist terakhir yang mengungkap 301 hari tersebut.

Tak ada hingar bingar di seputar Hidden. Ini adalah sajian berbujet rendah. Settingnya pun 90 % nya hanya di seputaran tempat sempit bernama bunker. Namun sajian berbiaya murah ini mampu menghentak penikmat horor. Kualitas yang ditawarkannya melebihi ekspektasi yang berkembang. Hidden memang menawarkan horor. Tetapi saya pikir ini adalah thriller murni. Hidden boleh jadi kecil, tetapi isi di dalamnya cukup besar. Alexander Skarsgard (Battleship, The Giver) dan Andrea Riseborough (Oblivion, Birdman) mengidupkan dan mencerahkan kelamnya Hidden. Tetapi bintang di atas segalanya adalah penampilan Emily Alyn Lind.

When it was
Hidden, sajian cerdas yang cemerlang di antara sempit dan gelapnya sebuah bunker. Memang cukup lambat untuk dinikmati, tetapi percayalah hasil akhirnya akan impas menyungging di benak anda.

No comments:

Post a Comment