14 April 2014

The Spectacular Now (2013)


Saya selalu suka dengan genre coming of age. Genre ini selalu mengingatkan tentang kenangan masa muda (secara sekarang udah tua). Genre ini juga menghangatkan gairah yang (dulu) pernah ada. Dan genre ini tentu saja mengajarkan kepada kita bagaimana tingkah laku dan pikiran liar muda kita bertransformasi menjadi sesuatu yang mulai matang, menghangat, dan akhirnya pecah. Tiga hal di atas bisa menjadi benak yang paling melekat di memori dengan catatan penggarapan yang apik dan memorable. Apakah The Spectacular Now bisa mewujudkannya?

Sutter Keely (Miles Teller) adalah remaja populer di sekolahnya.  Dengan kecakapannya bermanis lidah, ia dengan mudah mendapatkan Cassidy (Brie Larson) yang juga merupakan salah satu gadis populer. Mereka pun berpacaran hingga suatu hari Cassidy mencampakkannya. Frustasi, Sutter mabuk dan tiba-tiba ia sudah terbangun di halaman rumah seseorang. Di depannya, hadir seorang gadis yang mengaku teman sekolahnya bernama Aimee (Shailene Woodley). Anehnya, Sutter tak mengenal Aimee.

Namun Sutter dengan cepat bisa menguasai diri. Dan sekali lagi dengan mulut manisnya, ia cepat akrab dengan Aimee. Hubungan mereka pun berlanjut dengan segala konflik yang ada. Mulai dari hubungan pribadi, sekolah, masa depan, hingga hubungan masing-masing keluarga. Rupanya, Sutter dan Aimee terlalu naif dengan hanya melihat yang ada di depan dan sekitar mereka.

Saya suka adegan ini dan adegan selanjutnya
Sedari awal, saya masih meraba-raba mau dibawa ke mana film remaja ini. Saya masih melihat apakah karakter di dalamnya lebay atau tidak. Oh, dan ternyata tidak. Ceritanya terus mengalir semakin hangat dan panas. Konflik yang terjadi pun cukup menggigit. James Ponsoldt tahu bagaimana membuat film ini berekspektasi tinggi namun tetap membumi.

Tidak seperti film remaja yang identik dengan tema tampan, cantik, berotot, six pack, maupun rambut lurus mohawk, saya suka cara Ponsoldt menaruh remaja populer SMA seperti Sutter yang kurang good looking. 'Ketampanan' Sutter justru datang dari caranya berbicara dan bersikap. Tetapi Ponsoldt juga tetap meletakkan hal-hal buruk khas remaja kepada Sutter melalui minuman keras dan emosinya yang labil. Dan itu berlaku juga kepada Aimee yang terlihat sangat polos di sini (including sex scene). Siapa yang meragukan paras elok Shailene Woodley, tetapi dia di sini sungguh unyu (polos) sehingga tidak menodai kenaifan seorang anak SMA. Chemistry antara Teller dan Woodley benar-benar terbangun dengan sempurna di sini.

Karakter utama di The Spectacular Now tentu saja ada pada diri Miles Teller. Di sini kita mau tidak mau harus bersimpati kepadanya. Meski kita tahu sikapnya buruk, alkoholik, bermulut besar, bermulut manis, dan ketidakmampuannya untuk move on. Di sini, Teller tetap terasa kharismatik dengan apa yang telah dia lakukan. Karir Teller ke depannya mungkin semakin cemerlang karena dia akan memerankan Mr. Fantastic di reboot Fantastic 4. Sebenarnya Teller kembali berkolaborasi dengan Woodly di Divergent. Namun di Divergent posisinya terbalik, Woodley jadi peran utama dan Teller jadi peran pembantu.

Naif Sex
Selain Teller dan Woodley, The Spectacular Now juga diisi oleh nama-nama cukup beken seperti Kyle Chandler dan Mary Elizabeth Winstead, Brie Larson, Jennifer Jason Leigh. Penampilan mereka tidak mengecewakan dalam mendukung coming of age ini.

Sebenarnya ada banyak pesan tersirat di The Spectacular Now. Pesan ala khas remaja. Namun pesan terpenting di sini adalah bagaimana menghadapi hidup untuk terus move on dan tidak terjebak dalam kehidupan yang semu. Masa depan adalah sebuah hal yang penting. Penentuannya datang dari diri sendiri tanpa ada paksaan dari pihak atau orang lain. Percayalah, kebahagiaan akan datang jika semua berpulang dari kesadaran diri.

So, I think The Spectacular Now is quite spectacular. Do you think so?

No comments:

Post a Comment