28 April 2014

August: Osage County (2013)

Misery loves family

Keluarga adalah salah satu komunitas kecil yang biasanya menjadi tempat terhangat bagi kita untuk berkumpul, berbagi kisah, dan bersenda gurau. Sayangnya hal-hal menyenangkan itu tak terjadi di keluarga Weston. Semuanya berawal saat Beverly Weston (Sam Shepard) ditemukan tewas tenggelam di dasar danau. Kematian Weston membuatnya meninggalkan istrinya, Violet (Meryl Streep), seorang diri. Namun Weston sudah mengantisipasi kematiannya dengan mempekerjakan seorang pembantu, Johnna Monevata (Misty Upham), untuk menemani Violet yang 'sekarat' terserang kanker mulut. 

Tewasnya Weston memaksa 3 anak perempuannya pulang menghadiri pemakamannya. Mereka adalah Barbara (Julia Roberts), Karen (Juliette Lewis), dan Ivy (Julianne Nicholson). Barbara membawa suaminya, Bill Fordham (Ewan McGregor) dan satu-satunya anak perempuannya, Jean Fordham (Abigail Breslin) yang berumur 14 tahun. Sementara Karen mengajak tunangannya, Steve Heidebrecht (Dermot Mulroney), yang berlagak sebagai orang kaya. Selain mereka, datang juga adik perempuan Violet, Mattie Fae (Margo Martindale) yang datang bersama suaminya, Charlie Aiken (Chris Cooper) dan anak tunggalnya, Little Charles (Benedict Cumberbatch).

Konflik tersebut sudah tampak saat mereka mengeluhkan datang ke Osage County pada bulan Agustus yang panas. Hawa panas tersebut rupanya menjalar ke emosi setiap personal yang berimbas pada hubungan mereka nantinya. Siapa sangka jika setiap personal yang ada mempunyai rahasia masing-masing. Ternyata, rahasia mereka tidak berdiri sendiri, rahasia itu terconnected satu sama lain. Semuanya saling berkaitan dan bertautan.

Forbidden love, maybe
Semua masa lalu akan tersingkap. Sedikit impian masa depan yang menjadi harapan juga akan tersibak meski tak akan menjadi kenyataan. Realita pahit juga akan tersaji secara gamblang. Mau tak mau kenyataan tersebut harus diterima meski rasanya sangat menyakitkan. Belum cukup sampai di situ, tambahan kata-kata kasar yang seharusnya tak diucapkan seseorang kepada seseorang mampu menjadi bumbu hitam yang semakin membuat konflik tersebut menjadi gelap. Well, warna favorit saya adalah hitam. 

Secara sekilas, tak ada yang istimewa di August: Osage County. Ini hanyalah drama dalam satu keluarga yang mungkin rasanya begitu-begitu saja. Namun film garapan John Wells ini menampilkan cast kelas satu agar orang tak menganggapnya remeh. Awal film memang berjalan lambat. Namun lambat laun intensitasnya semakin meningkat, terlebih setelah Weston tewas. Satu persatu karakter dijlentrehkan dengan baik melalui orang pertama dan orang ketiga.

Saya sendiri sangat excited saat satu persatu rahasia itu terungkap. Dan untuk selanjutnya saya duduk nyaman menikmati kejutan rahasia apa lagi yang bakal tersaji. Entah ini twist atau tidak. Rahasia terakhir memang membuat shock, baik bagi yang nonton dan untuk kelangsungan scene selanjutnya. Apabila ending nya dianggap kurang fair, terima sajalah itu. Karena menurut saya kurang fair itu adalah fair.

Seharusnya Meryl Streep mendapat Oscar untuk perannya di film ini. Yah, memang seharusnya. Sayangnya, dia harus mengalah kepada Cate Blanchett yang memang belum pernah mendapat Oscar. Meski selalu bermain bagus di setiap peran yang dia bawakan, namun sekali lagi saya terkesima dengan nenek tua penderita kanker mulut ini. Kerapuhan sekaligus ketegaran seorang ibu yang dianggap menyebalkan oleh anaknya dalam mengarungi masa muda dan masa sulitnya berhasil dibawakan dengan sangat apik oleh perempuan kelahiran ini. Intonasi dan mimik nya sempurna. August: Osage County hidup berkat seorang Meryl Streep.     

Dysfunctional family
Jajaran casting kelas satu lagi juga dibawakan dengan sempurna oleh Julia Robert. Tegas dan berani dalam raga yang depresi disajikan sempurna oleh Julia. Hampir sepanjang film ini, kita tak akan melihatnya tersenyum. Ha ha, saya terkesima dan tersenyum kaget saat ia melabrak ibu kandungnya sendiri dengan umpatan tersebut. 'eat the fuckin' fish, eat the fish, bitch'. 

Meski porsinya tak sebanyak Streep dan Robert, namun karakter yang dibawakan chris Cooper, Ewan McGregor, Benedict cumberbatch, dan lain-lain sangat mampu mengidupkan suasana di keluarga besar Weston. Siapa karakter yang saya suka, bukan Streep dan bukan Robert. Saya justru suka dengan Ivy yang terlihat bersahaja, kalem, pintar, mandiri namun naif, terutama dalam soal cinta.

August: Osage County sendiri merupakan adaptasi dari sandiwara panggung berjudul sama. Sandiwara miik Tracy Letts ini berhasil memenangkan Pulitzer. Well, nampaknya John Wells berhasil mengadaptasi August: Osage county menjadi sebuah hiburan yang bermutu. Meski gaya penyajiannya sangat drama sekali, namun saya sangat menikmatinya.



No comments:

Post a Comment