02 January 2013

End of Watch (2012)

Every moment of your life they stand watch

Sahabat bagaikan separuh kehidupan. Bila persahabatan terputus, seakan separuh hidup juga akan mati. Premis itu ada di EOW yang saya tak menyangka akan dibikin secara found footage.

Brian Taylor (Jake Gyllenhaal) dan Mike Zavala (Michael Pena) adalah partner dalam tugas. Mereka adalah polisi patroli Los Angeles Police Department (LAPD). Meski tugas mereka sebenarnya hanya melakukan pengamanan pertama, tetapi mereka memutuskan bertindak cukup jauh. Suatu tindakan yang seharusnya dilakukan oleh detektif.

Dengan keterlibatan itu, mereka berurusan dengan gembong narkoba Hispanik (Amerika Latin). Narkoba dan uang milik gembong tersebut musnah dan hilang gara-gara tindakan kedua polisi itu. Human trafficking dan pembunuhan yang dilakukan gembong itu juga terbongkar.  Mereka pun menjadi buruan nomor satu gembong tersebut.

Bukannya tidak tahu, baik Brian dan Mike menyadari risiko itu. Mereka pun berusaha menjaga diri sebaik mungkin sambil terus berkomitmen akan persahabatan mereka. Kebetulan Brian hendak menikah dengan tunangannya, Janet (Anna Kendrick) sementara istri Mike, Gabby (Natalie Martinez) baru saja melahirkan anak pertama.

Cara menyamarkan found footage yang disajikan David Ayer termasuk cerdas. Dibalut dengan tugas proyek film nya, Brian selalu membawa handycam kemanapun dia bertugas. Brian juga meletakkan kamera kecil di seragam dinasnya dan Mike. Script yang disajikan kali ini murni benar-benar tugas yang dijalankan polisi tiap hari. Bukan tentang bad cops yang kerap menjadi tema polisi. Dari cerita ini kita bisa tahu tentang tugas polisi dan yang pasti tentang persahabatan sejati. 
Kamera dalam mobil salah satu teknik found footage

Akting kedua bintangnya tampak alami dan tidak dibuat-buat. Cara mereka bertutur di dalam mobil baik cara mereka bertindak looks like a truly cops. Gyllenhall sendiri selama beberapa bulan sengaja 'menjadi polisi' agar bisa menghayati perannya. Gyllenhal sengaja ikut polisi betulan agar benar-benar bisa menjadi 'polisi'. Hasilnya tak mengecewakan bukan. Kondisi Mike (Pena) yang merupakan keturunan Amerika Latin membuktikan jika ras tak menjadi halangan bagi sebuah persahabtan. Anna Kendrick dan Natalie Martinez juga pas sebagai pemanis kisah persahabatan ini.

Twist yang ada memang tidak sangat mengagetkan. Tetapi cukuplah membuat yang menonton tertegun atau kalau boleh tak perlu sungkan untuk mengusap mata yang basah. Sahabat memang benar-benar orang yang ada di samping kita kala kita susah dan senang.



No comments:

Post a Comment