13 January 2013

Architecture 101 (2012)

Everyone is Someone's First Love

First love never dies. Cinta pertama tak pernah mati. Bagi anda kaum pria, Architecture 101 sepertinya  cocok untuk mengingat dan mengenang seorang gadis yang pernah anda taksir untuk pertama kalinya. Terlepas apakah gadis itu akan tetap di samping anda atau tidak.

Seung Min (Eom Tee Woong) terbangun di meja kantornya dalam keadaan kacau balau. Arsitek muda itu telah lembur 2 hari setelah menyelesaikan pekerjaannya. Atasannya memergokinya tidur di meja ruang kerja. Adegan selanjutnya beralih saat Seung Min kedatangan tamu seorang perempuan.

Butuh waktu bagi Seung Min untuk mengingat siapa tamu itu. Setelah sang tamu memperkenalkan diri sebagai Seo Yeon (Han Ga In), barulah Seung Min ngeh. Seung Min mengenali Seo Yeon sebagai temannya sewaktu kuliah. Dan kedatangan Seo Yeon untuk meminta Seung Min membangun kembali rumah milik keluarganya yang nyaris hancur.

Mereka pun akrab (lagi) hingga terkuaklah jika mereka punya masa lalu yang begitu memorable. Karena itu Seo Yeon heran saat Seung Min tak lagi mengingat dirinya. Kisah pun flash back ke masa sewaktu mereka berkuliah. Seung Min (Lee Je Hoon) adalah seorang anak kuliahan jurusan arsitektur yang begitu lugu, polos, tidak tegas, dan pemalu. Sedangkan Seo Yeon (Bae Suzy) adalah gadis kuliahan yang datang dari kota kecil ke Seoul.

Mereka bertemu di kelas arsitektur pemula. Sebenarnya Seo Yeon adalah mahasiswa jurusan musik. Tetapi ia ngotot menghadiri kelas pengenalan arsitektur hanya untuk bersua dengan Jae Wook (Yoo Yeon Seok), seorang mahasiswa idola para gadis. Mereka pun mulai akrab dan benih-benih cinta mulai tumbuh hingga suatu kesalahpahaman menghalangai benih itu untuk tumbuh lebih besar lagi.
Past

Yang menarik di sini adalah Architecture 101 disajikan dari sudut pandang pria. Bisa dikatakan ini adalah film cintanya para pria. Architecture 101 begitu sederhana namun mampu menampilkan kisahnya begitu sempurna, tidak berlebihan dan membumi. Kisah percintaannya juga tidak bertele-tele, rumit dan no more one litre tears.

Transformasi karakternya dari masa lalu ke masa kini yang dinamis membuat film ini reasonable. Seung Min masa lalu yang polos, lugu, tidak tegas, dan pemalu kini menjadi seorang yang enerjik dan percaya diri. Seo Yeon yang dulu pemalu dan apa adanya kini menjadi lebih percaya diri namun cukup rapuh. Itu membuktikan jika film ini hidup, karakter orang pun pasti berubah.

Tranformasi itu klop dengan cast yang ada. Lee Je Hoon mampu menjadi Seung Min muda yang kikuk dan sedikit pandir. Eom Tae Woong pun mampu menjadi Seung Min masa kini yang cuek, cerdas dan logically. Bae Suzy menghidupkan Seo Yeon muda yang pure dan fresh. Sementara dengan kecantikannya, Han Ga In mentranformasikan Seo Yeo masa kini yang menawan dan tetap segar.
Now

Penampilan para artis pendukungnya pun tak mengecewakan khususnya ibu Seung Min (Kim Dong Joo) dan Nabddeuckyi (Seok Jo Jeong). Kisahnya yang dibuat secara falsh back sama sekali tak membingungkan. Bahkan itu menjelaskan kenapa Seung Min (berpura-pura) tak mengenali Seo Yan setelah mereka bertemu lagi setelah 15 tahun berlalu.

Dan yang terpenting adalah ending film ini. Ending nya fair. Mungkin sebagian orang akan kecewa dengan endingnya. Tetapi ending itu adalah kenyataan yang logically. Meski ini film cinta, bukan berarti endingnya harus seperti harapan kita bukan ?

Architecture 101 adalah film cinta sederhana yang langsung mengena jiwa.Siapa bilang kaum pria tak punya film cinta :)

No comments:

Post a Comment