08 June 2015

Survivor (2015)

Framed. Abandoned. Hunted


Lepas dari peran sebagai James Bond, karir Pierce Brosnan belum pernah mencapai puncak lagi. Bukannya tanpa usaha, genre action sudah ia lakukan, namun hasilnya biasa saja kalau tidak boleh disebut mengecewakan. Lihat saja The November Man yang boleh dibilang sebagai film medioker, berlalu begitu saja tanpa pernah tersimpan di benak. Usaha untuk melabeli dirinya sebagai the new Liam Neeson pun gagal. Usia yang sudah 62 tahun nampaknya harus membuatnya berpikir lebih jauh dan jernih lagi untuk genre action.

Kate Abbott (Milla Jovovich) adalah seorang pegawai baru di kedutaan besar Amerika di Inggris. Tugas dia di bagian penerbitan visa adalah mencari tahu latar belakang pemohon dan jika perlu menolak permohonan visa pemohon yang dicurigai terlibat terorisme. Emil Balan (Roger Rees), seorang pemohon visa yang juga seorang dokter telah ditolak visanya oleh Kate.

Penolakan itu membuat Nash (Pierce Brosnan) terlibat. Nash adalah seorang pembunuh bayaran ditakuti dan menjadi buruan banyak negara. Ternyata ada skenario besar di balik penolakan visa Balan. Dan dampaknya ada pada diri Kate. Selain dikejar bahaya, Kate juga harus mencari tahu dan membuktikan jika penolakan visa yang dilakukannya adalah benar adanya.

Ledakan ini adalah awal segalanya
Rupanya kekecewaan di November Man menular ke Survivor. Bahkan Brosnan harus berbagi peran utama dengan sejumlah aktor, di samping ia adalah antagonis di sini. Dan minimumnya scene yang ada padanya, tidak dimanfaatkan secara maksimal. Saya tak melihat kualitas Brosnan di sini. Sepertinya Brosnan lebih baik bermain di film drama saja. Penampilannya di A Long Way Down terbukti tidak buruk.

Survivor di sini tidak lebih bagus daripada The November Man. Script yang ditulis oleh Philip Shelby terkesan murahan dan menggampangkan yang ada. Survivor semestinya adalah sebuah spy thriller, tetapi Shelby menjadikannya sebagai film yang easy going, tanpa berpikir, dan sekali lagi, medioker dengan begitu banyak hole di dalamnya. James Mc Teigue juga menelan mentah-mentah script tersebut tanpa berusaha menjadikannya sedikit lebih berkualitas.     

Opa Pierce udah tua, udah banyak keriput
Milla Jovovich, tak ada pengembangan karakter dalam perannya. Ia seharusnya mendapat simpati dalam perannya. Tetapi Milla tak melakukannya. Milla tak menjadikan dirinya layak mendapat simpati dengan segala gerak-geriknya. Milla seharusnya menggesturkan diri dengan tepat karena ia adalah korban. Tetapi sekali lagi, penampilan aktris kelahiran Ukraina itu sama sedihnya saat ia bermain di edisi terakhir Resident Evil.

Survivor adalah easy spy thriller yang begitu mudah ditebak. Penuh dengan plot hole dan 'kekacauan' di dalamnya. Action minimalis yang bisa ditonton, tapi tidak bagi saya pribadi.   

No comments:

Post a Comment