03 December 2012

Stolen (2012)

12 Hours $10 Million 1 Kidnapped Daughter

Will Montgomery (Nicolas Cage) adalah perampok terhebat. Malam itu bersama 3 rekannya, Vincent (Josh Lucas); Riley Jeffers (Malin Akerman), dan Hoyt (MC Gainey), Will hendak merampok sebuah bank. FBI dipimpin Tom Harlend (Danny Houston) yang terus mengamati pergerakan mereka bisa dikelabui dengan mengira jika yang dirampok adalah toko mainan.

Menyadari telah ditipu, Harlend segera bergerak cepat mengejar kawanan itu. Meski uang rampokan berhasil didapat tetapi Will tertangkap gara-gara kebodohan Vincent yang memaksa Will menembak kakinya. 8 tahun dipenjara membuat Will kangen dengan Alison Loeb (Sami Gayle), anak perempuan satu-satunya

Seseorang lalu menculik Alison dengan mengira bahwa Will masih mempunyai USD 10 juta hasil rampokan 8 tahun lalu. Memang, saat menangkap Will, polisi tidak menemukan bukti uang tersebut. Will akhirnya tahu jika yang menculik anaknya adalah orang-orang yang pernah dekat dengannya.

Alih-alih bisa berbicara seperti Taken yang juga mengambil tema penculikan, Stolen bahkan tidak mampu mengimbangi separuh dari kualitas Taken. OK, adegan awal perampokan masih bisa diterima. Tetapi saya langsung ilfil saat melihat sebuah taksi menculik Alison.

Kenapa harus diperlihatkan dengan sangat jelas penculikan itu. Siapa yang menyangka jika Kim (Maggie Grace) dalam Taken bisa diculik dengan cara seperti seseorang yang hendak berkenalan lalu menumpang taksi bersama. Bahkan film ini bisa dikatakan menipu kare na ledakan mobil dalam posternya pun tidak ada dalam film.

Saya sendiri heran dengan Simon West. Padahal dia adalah sutradara The Mechanic dan The Expendables 2. Memang film-film West adalah model film tak berotak tetapi dia menutupinya dengan adegan action yang lebih dari lumayan. Di film ini, bahkan West tak mempunyai alasan untuk menutupi kegagalannya. Reuni apik West dan Cage di Con Air tentu saja tak bakal terjadi di Stolen.

Hei, ada apa dengan Nicolas Cage. Aktor satu ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Tetapi keputusannya memilih peran di film yang dibintanginya belakangan ini, termasuk Stolen, membuat banyak orang tercengang. Film-film itu tak sepadan dengan akting keponakan Francis Ford Coppola itu. Apakah Cage hanya ingin kejar setoran aja? lihatlah, dia telah melakukan banyak blunder mulai dari The Sorcere's Apprentice, Season of the Witch, Drive Angry, Seeking Justice, Trespass hingga yang paling menyebalkan, Ghost Rider : Spirit of Vengeance. Hope you'll be back to keep on the right way, man.

Tak hanya Cage, semua aktor aktris di film ini seakan mengamini film yang sudah buruk ini. Akting mereka standar saja. Sebenarnya mereka masih bisa dimaafkan kecuali Cage dan Danny Houston. Nama terakhir ini juga sudah kawakan lho. Marlin Akerman yang diplot sebagai pemanis memang sangat manis di sini.
Charming Marlin Akerman

Sementara itu, Sami Gayle terus mengasah kemampuannya. Meski porsi dia di Stolen sangat terbatas, namun sah-sah aja bagi dia untuk terus mengembangkan karirnya. Sebelum Stolen, Sami beradu akting dengan Adrien Brody di The Detachment. Stolen dan The Detachment masihlah dua film layar lebar yang dibintanginya. Sami sendiri lebih kerap berakting di serial TV seperti As the World Turns, Royal Pains, dan Blue Bloods. Ke depannya, sepertinya karir Sami lebih bersinar.

No comments:

Post a Comment