12 February 2016

Exposed/Daughter of God (2016)

Some Secrets Are Better Left Buried

Tak banyak artis bisa memilih peran yang menjadikannya tampil maksimal dalam karakternya. Dan Keanu Reeves bukanlah salah satunya. Peran dalam filmographynya naik turun bagai gelombang setiap dollar yang mengalir dari berbagai genre yang dibintanginya. Setelah John Wick yang mendapat pujian, datanglah Knock Knock dimana dia duduk sebagai eksekutif produser. Kursi produser masih ia jajak saat Exposed diluncurkan. Selain menjadi produser di dua film terakhirnya, Keanu juga menjadi aktor utama di dalamnya.

Detektif Scott Galban (Keanu Reeves) sedang menyelidiki kasus pembunuhan Joey Cullen (Danny Hoch), seorang polisi yang juga rekannya. Joey tewas di subway tanpa ada saksi yang tahu siapa pembunuhnya. Galban mencurigai pria kulit hitam Dominika adalah pelakunya. Saat semua yang dicurigainya sudah mentok, Galban melihat pada diri Isabel de La Cruz (Ana de Armas). Galban yakin jika Isabel tahu tentang sesuatu terkait kasus yang ditanganinya.

Dua cerita berbeda yang mempunyai benang merah memang bukan sesuatu yang baru. Jika dieksekusi dengan baik dengan tensi yang terjaga, maka konsep tersebut biasanya akan menjadikan sebuah film menjadi sangat menarik. Namun perkecualian untuk Exposed. Dengan genre thriller supra natural, Exposed sangat berpotensi menjadi salah satu sajian luar biasa, apalagi dengan twist di belakangnya.


Twist
Namun eksekusi yang dilakukan Declan Dale sangat buruk. Exposed begitu berantakan seperti rak buku dengan buku-bukunya yang tak tertata rapi dan berserakan ke sana kemari. Scene-scene yang disajikan Dale bahkan annoying. Scene singkat yang tak menjelaskan apapun. Scene yang terkadang tak berhubungan dan tidak memberi petunjuk.

Dapat dipahami jika Dale ingin mengalihkan perhatian penonton agar tertipu dengan twistnya. Namun cara yang dilakukan sangat kasar dan amburadul. Dialognya pun terkadang terlalu kaku. Praktis hanya bagian akhir film saja yang bisa dinikmati, itu pun dirasa masih kurang memuaskan.

Penampilan Keanu sebelas dua belas dengan penampilannya di Knock Knock. Di sini Keanu terlihat tua, garis kerut dan lelah di wajahnya semakin tampak. Ia memang sudah 51 tahun, tetapi selama ini Keanu dikenal sebagai aktor yang awet muda. Penampilan Ana de Armas juga berbeda 180 derajat dibanding saat ia tampil di Knock Knock. Tak banyak kejutan dari si manis Ana ini. Tetapi setidaknya ini adalah latihan bagi dia untuk bisa tampil lebih baik di film nya selanjutnya.

Two of Us
Exposed yang mempunyai judul asli Daughter of God ini adalah kolaborasi kedua Keanu dengan Ana. Sebelumnya mereka main bareng dalam Knock Knock yang termasuk film buruk, tapi dilihat dari sisi yang lain merupakan sebuah film yang menyenangkan. Apakah Ana akan dibawa kembali Keanu ke proyek filmnya selanjutnya?

Exposed, sajian yang cukup buruk dari Keanu. Nonton Expose itu seperti melihat dua film, satu berbahasa Inggris dan satu lagi berbahasa Spanyol. Penggemar Keanu pasti tak ingin idolanya bernasib seperti Nicolas Cage kan.

No comments:

Post a Comment