26 November 2012

Wu Dang (2012)



Dibuka dengan adegan pembuka yang cukup meyakinkan, saya berharap banyak dari film mandarin yang satu ini. Tang Yun Long (Vincent Zhou) bersama anaknya, Tang Ning (Joixe Xu/Jossie Cu) datang ke sebuah tempat. Vincent dimintai bantuan seseorang untuk mengetahui apakah sebuah pedang pusaka yang dibelinya palsu atau asli. Dari situlah petualangan dimulai.

Adegan beralih saat Vincent bersama Tang Ning dalam perjalanan mengikuti turnamen bela diri yang diadakan perguruan Wu Dang di Gunung Wu Dang. Ternyata ada misi tersembunyi Vincent mendatangi Gunung Wu Dang. Orang Cina yang bermukim di Amerika itu hendak mencari 7 pusaka untuk menyembuhkan penyakit Tang Ning. Penyakit itu pula lah yang merenggut nyawa ibu Tang Ning.

Petualangan Vincent melibatkan Tian Xing (Mini Yang/Yang Mi) yang juga mempunyai maksud tersembunyi mencari pedang pusaka milik keluarganya. Di sela-sela petualangan terselip romansa antara Tan Ning dan Shui Heiyi (Siu Wong Fang). Petualangan terakhir kali melibatkan petinggi Wu Dang yang ternyata selama ini menyembunyikan rahasia pusaka-pusaka tersebut.

Adegan pembuka yang cukup meyakinkan tersebut ternyata menipu. Lambat laun film yang dibesut Patrick Leung ini semakin tidak jelas, seakan tidak tahu hendak dibawa ke mana film ini. Hal ini diperparah dengan akting para aktor aktrisnya yang terlihat seperti ogah-ogahan. Lihat saja bagaimana seorang Tiang Xing yang awalnya perkasa tiba-tiba saja berubah menjadi kekanak-kanakan. Kemudian ekspresi Tang Ning sejak awal tak berubah yang selalu menunjukkan kalau ia imut. Saya juga tak mengerti kenapa Joixe Xu bisa dipasangkan beromansa bersama Siu Wong Fang. Wong Fang sudah berumur 39 tahun, sementara Joixe Xu baru berumur 15 tahun.

Yang bisa saya nikmati dari film ini mungkin hanyalah eksotisme keindahan gung Wu Dang yang merupakan situs alam yang dilestarikan pemerintah Cina. Sungguh indah dan menawan baik pemandangan dan bangunan yang ada di gunung setinggi 1.612 meter itu.

Indah bukan

Trivia : Masih ingat dengan Dicky dalam film besutan Stephen Chow, CJ7. Lalu apa hubungan Dicky dengan Wu Dang. Kalau sedikit cermat, kalian bisa melihat bahwa wajah Dicky sangat mirip dengan wajah Jiao Xu. Ya, benar. Bukan hanya mirip, Dicky adalah Joixe Xu dan Joixe Xu adalah Dicky. Saat itu Stephen Chow lebih memilih Joixe Xu yang seorang perempuan karena aktingnya yang mumpuni daripada bocah lain yang ikut casting.

No comments:

Post a Comment